Berita Elektronik: ESA Menandai Peristiwa Tahunan

Arianespace mungkin paling terkenal sebagai operator peluncuran layanan untuk Badan Antariksa Eropa , dan dengan demikian terkait erat dengan operasi roket Ariane dari pelabuhan antariksa Eropa di Kourou, Guyana Prancis. Perusahaan, didirikan pada tahun 1980 dan berkantor pusat di Perancis, telah sebagai prinsip pemegang saham Badan Antariksa Prancis CNES dan EADS Astrium, bersama dengan perusahaan ruang angkasa di 10 negara Eropa. Arianespace juga aktif di kosmodrom Baikonur melalui Starsem, anak perusahaan patungan dengan Rusia.

Tapi itu akan menjadi suatu kesalahan untuk berpikir dari Arianespace sebagai operator peluncuran hanya Eropa. Rekor sejauh ini dari 206 Ariane meluncurkan, 26 Soyuz peluncuran (termasuk 24 dari Baikonur) dan peluncuran pertama, awal tahun ini, dari ESA baru Vega membuat itu bertanggung jawab untuk mengorbit lebih dari setengah dari satelit komersial sekarang terbang.

Memang, Arianespace memerintahkan 64% dari pasar peluncuran satelit Asia-Pasifik dan optimis akan meningkatkan pangsa pasar yang sudah dominan.

Kepala eksekutif Jean-Yves Le Gall menyoroti pentingnya wilayah itu untuk wartawan daerah di sela-sela dua konferensi telekomunikasi baru-baru ini ia menghadiri di Singapura. "Asia sangat aktif untuk meluncurkan satelit, terutama untuk satelit komersial," katanya. "Kami melihat langkah dari asal usul kita di Eropa untuk banyak bisnis di Amerika Serikat, dan sekarang Asia adalah perbatasan baru."

Selama suatu tahun tertentu, persentase pendapatan perusahaan berasal di Asia dapat bervariasi dari sepertiga sampai 50%, kata Gall Le, yang melihat "potensi besar" untuk meluncurkan satelit untuk menyediakan layanan telekomunikasi, internet dan televisi ke wilayah tersebut. Pada tahun 2011, perusahaan mencatat pendapatan sebesar 1 milyar ($ 1270000000).

Kepercayaan Le Gall sebagian berasal dari sejarah ini, dan sebagian dari ekspansi dramatis pilihan peluncur Arianespace itu. Ariane 5 - mampu mengangkat 10T untuk geostasioner orbit atau 20t untuk rendah orbit Bumi, termasuk muatan seperti kapal Kendaraan Otomatis ESA memasok transfer untuk Stasiun Antariksa Internasional - tidak lagi acara hanya di Guyana. Pengenalan pada bulan Oktober 2011 operasi Soyuz memberikan Arianespace kemampuan 3t, dan Vega diperkirakan akan membuktikan sangat fleksibel untuk observasi Bumi dan muatan ilmiah hingga 1.5T, sebuah 2.014 pengamatan satelit peluncuran kontrak ditandatangani bulan lalu dengan pemerintah Kazakhstan, untuk apa yang bisa penerbangan ketiga Vega, dan Gall Le mengharapkan pelanggan Asia untuk mengikuti.

Peluncuran perusahaan yang paling terakhir terjadi pada tanggal 15 Mei, ketika Ariane 5 ECA mengangkat Jepang JCSAT-13 dan Vietnam Vinasat-2 ke orbit geostasioner, dari Kourou. Misi ganda menandai peluncuran ke-62 dari Ariane 5, dan keberhasilan ke-48 yang berturut-turut.


ESA - Ariane 5 lepas landas di Mei 2012: Vietnam dan Jepang di atas kapal
Penerbangan ini juga membawa peluncuran Arianespace untuk Asia-Pasifik menjadi 50. Hal ini telah dilakukan peluncuran untuk sembilan negara di kawasan dan memiliki backlog selama empat peluncuran tambahan di Asia.

Secara keseluruhan, perusahaan memiliki pesanan yang melebihi 4,7 miliar untuk 22 dari peluncuran Ariane 5, Soyuz dari 15, dan dua dari Vega.

Gall le adalah meremehkan saingan regional muncul setiap saat dalam waktu dekat. Dia menunjukkan bahwa Eropa saja, Amerika Serikat, Rusia, India, Jepang dan Cina memiliki kemampuan untuk meluncurkan satelit, dan dari jumlah ini ia memandang Proton Rusia sebagai saingan utama Arianespace itu.

Ia yakin Jepang H-IIA dan B adalah terlalu mahal untuk pelanggan komersial banyak. India geostasioner Launch Vehicle terkendala dengan masalah keandalan, dengan lima dari tujuh percobaan peluncuran mengakibatkan kegagalan. Program luar angkasa China telah membuat langkah besar, namun lalu lintas internasional di lengan regulasi (ITAR) pembatasan menghalangi dari memainkan peran utama dalam bisnis peluncuran satelit komersial, katanya.

"Kami akan melihat apakah perubahan peraturan dalam hal Cina, tetapi [bahkan jika pembatasan diangkat] kita masih akan beberapa tahun di depan mereka Arianespace menjual. Lebih dari sebuah kendaraan peluncuran. Kami menjual paket peluncuran layanan yang mengambil panjang waktu untuk berkembang, "tambahnya.

Ketika ditanya tentang inovasi masa depan, Gall Le pemogokan nada hati-hati. Dia mencatat bahwa Ariane 5 perusahaan menggunakan hari ini adalah hampir identik dengan yang digunakan 10 tahun lalu, dan bahwa ini tidak mungkin berubah selama 10 tahun mendatang.

"Jelas bahwa pelanggan kami lebih memilih keandalan atas inovasi," katanya. "Inovasi bisa membawa beberapa manfaat, terutama dalam hal ekonomi, tetapi jika kita gagal untuk melihat banyak manfaat dari inovasi lebih baik untuk tetap pada solusi yang sangat konservatif."

Artikel terbaru berita elektronik 2012 baca disini: Flash News Berita Elektronik