Robot Tubuh Avatar Dikendalikan Oleh Pikiran

Untuk pertama kalinya, para peneliti telah menggunakan fMRI - yang mendeteksi aktivitas otak Anda secara real time - untuk memungkinkan seseorang untuk mewujudkan ratusan robot kilometer jauhnya menggunakan pikiran saja.

"Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan pengganti, seperti di Avatar, walaupun itu jauh belum," kata Abderrahmane Kheddar, direktur laboratorium robotika bersama di Institut Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Industri Maju di Tsukuba, Jepang. Dia adalah bagian dari sebuah tim internasional yang berharap untuk menggunakan teknologi semacam ini untuk memberi orang sehat dan mereka yang "terkunci" - tidak bisa bergerak tetapi sepenuhnya sadar - kemampuan untuk berinteraksi dengan dunia menggunakan tubuh pengganti.

Teleoperated robot, yang dapat dikendalikan dari jauh oleh manusia, telah ada selama beberapa dekade. Kheddar dan rekan-rekannya akan selangkah lebih maju. "Benar perwujudan jauh melampaui TelePresence klasik, dengan membuat Anda merasa bahwa hal yang Anda mewujudkan merupakan bagian dari Anda," kata Kheddar. "Ini adalah perasaan yang ingin kita jangkau."

Untuk mencoba prestasi ini, peneliti dengan Perwujudan virtual internasional dan Robotic Re-perwujudan proyek digunakan fMRI untuk memindai otak dari mahasiswa Tirosh Shapira saat membayangkan bergerak berbagai bagian tubuhnya.

Ori Cohen di Bar-Ilan University di Ramat Gan, Israel, dan rekan pertama mengambil Shapira melalui tahap pelatihan beberapa di mana ia mencoba untuk mengarahkan avatar virtual dengan pemikiran pindah tangan kiri atau kanan atau kakinya. Pemindai bekerja dengan mengukur perubahan dalam aliran darah ke korteks motorik primer otak, dan menggunakan tim mampu untuk menciptakan suatu algoritma yang dapat membedakan antara masing-masing pemikiran gerakan (lihat diagram). Perintah tersebut kemudian dikirim melalui koneksi internet ke robot kecil di Béziers Institut Teknologi di Perancis.

Set-up diperbolehkan Shapira untuk mengontrol robot secara real time dekat dengan pikirannya, sementara kamera di kepala robot memungkinkan dia untuk melihat dari sudut pandang robot. Ketika ia memikirkan pindah tangan kiri atau kanan, robot bergerak 30 derajat ke kiri atau kanan. Membayangkan bergerak kakinya membuat robot berjalan maju.

Dibutuhkan sedikit waktu untuk robot untuk mendaftar pikiran itu. "Ada penundaan kecil antara awal aktivitas saraf dan ketika kita secara optimal dapat mengklasifikasikan niat sukarelawan," kata Cohen. Namun dia mengatakan bahwa subyek dapat menyesuaikan ini dengan memikirkan gerakan dimaksudkan sebelumnya.

Shapira mengambil bagian dalam tiga percobaan, termasuk satu di mana ia mampu memindahkan robot dengan bebas dan satu lagi di mana ia diperintahkan untuk mengikuti seseorang di sekitar ruang di laboratorium Perancis (lihat video di newscientist.com/article/dn21995). Dalam sidang ketiga dia berhasil diujicobakan avatar nya untuk mencari teko ditempatkan di suatu tempat di ruangan. Untuk menguji sejauh mana perasaannya dari perwujudan, para peneliti juga terkejut dengan cermin (lihat "Di bagian dalam, melihat keluar"). "Saya merasa seperti saya di sana," kata Shapira. "Pada satu titik koneksi gagal Salah satu peneliti mengambil robot atas untuk melihat apa masalahnya dan. Aku seperti, 'Oi, turunkan aku!'"

Otak sangat mudah tertipu dan menggabungkan entitas eksternal sendiri. Selama satu dekade lalu, psikolog menemukan bahwa mereka bisa meyakinkan orang bahwa tangan karet Kamera ownMovie mereka hanya dengan meletakkannya di atas meja di depan mereka dan membelainya dengan cara yang sama dengan tangan mereka yang sebenarnya. "Kami sedang melihat apa jenis ilusi sensorik kita dapat menggabungkan pada tahap berikutnya untuk meningkatkan rasa perwujudan," kata Kheddar. Salah satu ilusi seperti itu mungkin melibatkan otot merangsang untuk menciptakan sensasi gerakan (lihat "Perasaan adalah percaya").

Langkah berikutnya adalah untuk meningkatkan wali. Mengganti robot saat ini dengan, HRP-4 yang dibuat oleh Kawada Industries di Jepang, akan meningkatkan rasa perwujudan karena kira-kira tinggi manusia dewasa dan memiliki berjalan lebih stabil dan dinamis, kata Kheddar.

Para peneliti juga fine-tuning algoritma mereka untuk mencari pola aktivitas otak, bukan hanya daerah yang aktif. Hal ini akan memungkinkan setiap proses pemikiran untuk mengontrol rentang yang lebih besar gerakan. "Sebagai contoh, Anda bisa memikirkan bergerak jari Anda pada kecepatan yang berbeda dan kita bisa sesuai yang dengan kecepatan yang berbeda dari berjalan atau berputar," kata Cohen, yang mempresentasikan hasil uji coba pada perwujudan BioRob 2012 di Roma, Italia, pekan lalu.

Sejauh ini, hanya orang sehat telah diwujudkan wali. Selanjutnya, para peneliti berharap untuk berkolaborasi dengan kelompok-kelompok seperti Adrian Owen di University of Western Ontario di Kanada untuk menguji pengganti mereka pada orang yang lumpuh atau dikunci masuk

Baca informasi menarik lainya di: News Flash Berita Elektronik